JAKARTA – Penjualan mobil pasar domestik Indonesia termasuk paling besar di ASEAN. Namun soal ekspor masih tertinggal. Catatan Ekspor Thailand misalnya, hampir menyentuh satu juta unit, sedangkan Indonesia baru 200 ribu unit.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan, bicara soal cara menggenjot ekspor mobil maka tidak lepas dari peran serta pemerintah. Termasuk di dalamnya mengenai pemberian pajak, insentif, serta kualitas BBM.

“Cara menggenjot ekspor mobil kita sebetulnya ada beberapa. Tapi jika ditanya soal itu maka saya akan bicara kembali soal penerapan Euro 4. Saat ini Indonesia berada di Euro 2, padahal di ASEAN tinggal 3 negara, yaitu Myanmar, Laos, dan Indonesia,” katanya.

” Euro 2 ini yang membuat Indonesia bikin dua macam kendaraan. Kita musti bikin Euro 2 buat market domestik dan Euro 4 buat ekspor. Sehingga otomatis manufaktur kita kurang efisien, karena kita harus punya dua line,” jelasnya.

“Istilahnya di dunia saat ini inginnya roti tawar tapi kita juga bikin roti manis. Kalau Thailand cuma bikin roti tawar. Line-nya satu,” imbuhnya.

Selain masih menganut Euro 2, Nangoi mengatakan Indonesia terkendala masalah pajak pemerintah yang tidak berpihak ke industri. Hal ini memberatkan Indonesia sebagai produsen yang akan menjual produknya secara global.

“Kemudian kita ngomong pasar dunia maunya sedan, sedangkan di Indonesia peraturan perpajakan tidak memihak. Sehingga masyarakat kita tidak mau beli sedan karena musti bayar pajak tinggi PPNBM 30%. Jadinya yang laku yang pajaknya 10% (MPV),” katanya.

“Padahal beberapa mobil mewah pun karena bentuknya MPV jadinya pajaknya murah. Ini yang membuat pihak asing yakni Jepang, Korea dan lainnya tidak mau bikin pabrik sedan di Indonesia. Padahal dunia mintanya sedan,” katanya.

“Jadi Thailand ekspornya besar karena produksi sedan, sedangkan kita cuma bisa ekspor MPV. Intinya banyak yang musti kita kerjakan dengan pemerintah. Tapi ngomong soal potensi market memang besar sekali,” katanya.

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com