JAKARTA — Kehadiran pertama kali motor listrik Viar Q1 di Indonesia, tentu mengundang rasa penasaran banyak kalangan terutama dapurpacu.com. Apalagi, PT Triangle Motorindo – Agen Pemegang Merek Viar di Tanah Air menggandeng produsen komponen dan teknologi otomotif asal Jerman, Bosch, sehingga motor berbanderol Rp 16,2 juta ini semakin ditunggu kemampuannya untuk dijajal.

Karena Viar Q1 sudah dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), sehingga kami bisa menjajalnya di jalan raya. Usai peluncuran, kami langsung mendapat kesempatan itu di area kantor Viar Indonesia, di Sunter, Jakarta Utara.

Saat duduk di atas motor yang menggunakan daya baterai berkekuatan 800 watt, joknya terasa sangat empuk. Kedua kaki bisa menapak di aspal dengan sempurna, sayang kami belum mengetahui spesifikasi Viar Q1 karena pihak Viar memang belum membukanya.

Deden Gunawan, Corporate Manager PT Triangle Motorindo, mengatakan, pihaknya akan memberikan data spesifikasi secara terperinci pada 7 Juni mendatang. “Spesifikasi lengkapnya nanti saja di tanggal 7 Juni, sekaligus akan kami paparkan apa saja yang disokong oleh Bosch,” ujar Deden, di Jakarta, Senin (15/5).

Tanpa Starter

Saat kunci kontak diputar pada posisi on, pengendara tidak harus menyalakan mesin, cukup menarik tuas gas saja motor sudah langsung bisa jalan. Suaranya sangat halus, begitulah khas motor listrik.

Saat berkendara, apabila pengendara ingin mengetahui sisa baterai, maka informasi itu ditampilkan langsung melalui panel meter digital. Selain daya baterai, juga informasi kecepatan dan lain-lain.

Dua Mode Berkendara

Pada saat gas ditarik hentakannya cukup lumayan. Tapi tidak perlu kkhawatir, Viar Q1 sudah dilengkapi dua mode berkendara melalui tombol High dan Low yang terletak di bawah setang sebelah kanan. Ini menentukan gaya berkendaranya, baik halus atau lebih.

Bermodal tampilan fisik yang bisa kami lihat, Viar Q1 menggunakan ban ukuran 90/90-10 di bagian depan dan belakang. Dalam pengujian, motor cukup lincah untuk bermanuver di kondisi jalanan padat.

Selain joknya yang empuk, ayunan suspensi depan dan belakang juga terasa sangat lembut. Meski bodinya kecil motor Listrik Viar Q1 juga bisa dikendarai berboncengan dengan nyaman. Kami juga sempat berboncengan, dan tenaga kami rasakan ada perbedaan, tarikan tetap stabil.

Source: link 

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com