KUALA LUMPUR – Honda Jazz generasi terkini sudah beredar selama tiga tahun, dan baru-baru ini di Malaysia meluncur versi facelift. Menariknya, salah satu varian yang diluncurkan adalah hybrid.

Jazz Hybrid resmi meluncur di Malaysia bermesin 1.500 cc yang dikombinasikan motor listrik. Di Malaysia, Honda memanfaatkan insentif Energy Efficient Vehicle (EEV) yang juga diikuti tingginya permintaan pasar, seperti dilaporkan Paultan.org.

Teknologi baru yang dibawa Jazz Hybrid adalah sistem Sport Hybrid i-DCD (Intelligent Dual-Clutch Drive) yang menggantikan sistem Integrated Motor Assist (IMA) dari model terdahulu. Sistem baru terdiri dari mesin 1.500 cc i-VTEC, transmisi dual-clutch 7-speed terintegrasi motor listrik, dan baterai lithium-ion.

Sistem tersebut juga termasuk regenerasi energi listrik melalui servo brake system dan kompressor elektrik. Dengan mesin memanfaatkan siklus Atkinson, Jazz Hybrid memiliki total tenaga 138 hp dan torsi 170 Nm.

Performa tersebut diklaim setara dengan output dari varian mesin 1.800 cc N/A, sementara tingkat efisiensi lebih baik dengan angka 25 km/liter berbanding versi 1.500 cc standar dengan hasil 17,2 km/liter.

Keunggulan lain sistem i-DCD pada Jazz Hybrid adalah kemampuannya melaju hanya dengan tenaga listrik, tidak seperti pada sistem IMA. Saat melaju konstan 40-50 km/jam bahkan dapat melaju hingga 2 kilometer.

Di Malaysia, Jazz Hybrid dipasarkan seharga 87.500 Ringgit atau setara dengan Rp 273,160 juta, lebih murah bila dibandingkan model Jazz Hybrid sebelumnya yang dijual 90.000 Ringgit.

Source: link 

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com