JAKARTA – Pasar mobil bekas (mobkas) cukup menarik untuk diamati. Peminat di segmen ini lumayan banyak dan sejatinya sering terpengaruh dinamika kondisi ekonomi dan lahirnya produk baru.

Merangkum gejolak tersebut, situs jual beli mobil bekas Carmudi.com meneliti data harga jual mobkas apa saja yang mengalami depresiasi harga jual kembali, tertinggi dan stabil di tahun ini.

Dari hasil penelitian, Daihatsu Ayla, Datsun Go, Suzuki Wagon R, Toyota Agya dan Honda Brio adalah yang paling stabil. Depresiasi harganya hanya Rp 1-5 juta atau sekitar 1% dalam setahun.

Data tersebut diambil dalam rentang waktu Januari-awal Desember 2016, merujuk pada 45 ribu listing kendaraan di situs Carmudi tiap bulan.

“Mengenai pergeseran atau perubahan harga suatu kendaraan memang dipengaruhi banyak faktor, baik faktor dari kendaraan itu sendiri, maupun kondisi pemegang merek terkini,” jelas Subir Lohani, CEO Carmudi Indonesia.

Turun
Kendati demikian, Ketua Ikatan Pedagang Mobkas Jakarta Timur (IPMJ), Ahmad Fadillah mengatakan harga LCGC bekas akan menurun seiring pelarangan mobil berkubikasi di bawah 1.300cc untuk taksi online.

“Harga mobkas LCGC paling stabil itu Agya dan Ayla, namun setelah peraturan pemerintah menetapkan ketentuan mobil Uber dan Grab dilarang di bawah 1300cc, Agya dan Ayla penjualan mobkasnya tidak begitu bagus lagi,” katanya.

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com