NEW DELHI  – Pabrikan otomotif di dunia saat ini sedang berlomba-lomba mengembangkan dan menciptakan mobil otonom yang dapat melaju tanpa pengemudi. Tapi ternyata di India, keberadaan mobil otonom justru akan dilarang oleh pemerintah.

Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari, secara tegas menyatakan akan menentang keberadaan mobil otonom di negaranya demi menjaga lapangan pekerjaan bagi masyarakatnya di bidang transportasi.

“Kami tidak akan izinkan mobil tanpa pengemudi di India. Saya sangat jelas soal ini. Kami tidak akan perbolehkan teknologi yang menghilangkan lapangan pekerjaan,” kata Gadkari seperti diberitakan Hindustan Times.

“Di negara di mana terdapat pengangguran, Anda tidak bisa memiliki teknologi yang nantinya mengambil pekerjaan orang lain.”

Selain masalah pekerjaan, mobil otonom juga dianggap aspek keselamatannya. Di sisi lain, pengembangan teknologi otonom juga memiliki kemungkinan bahwa mesin akan mampu melampaui kemampuan kerja manusia.

Selain mobil otonom, kendaraan listrik impor juga kena ‘sentilan’ Gadkari yang tidak akan memberi keringanan pajak meski kendaraan listrik minim emisi dan konsumsi energi. Jika ingin keringanan pajak, Gadkari meminta pabrikan melakukan produksinya di India langsung.

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com