JAKARTA – Anda tidak perlu membeli pembersih kimia berbagai merek untuk membersihkan perangkat perangkat rumahtangga. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan cuka.

Cairan asam ini tidak hanya menambah kesegaran atau mengawetkan makanan. Cuka juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih beberapa perangkat rumahtangga. Anda pun dapat mengurangi pembelian bahan pembersih kimiawi.

Manfaat pertama cuka dalam rumahtangga adalah pembunuh bakteri (desinfektan). Misalnya digunakan untuk membersihkan baju kotor atau spons pencuci piring dengan merendam dalam larutan cuka selama semalam. Tak hanya membersihkan dan membunuh bakteri, cuka juga dapat menyingkirkan lemak pada pakaian.

Anda juga tidak perlu repot membersihkan mesin pencuci piring maupun mesin pencuci pakaian secara manual. Cukup menuang secangkir cuka di dalam perangkat dan menyalakannya dalam kondisi kosong.

Cuka dapat digunakan pula untuk membersihkan kaca jendela tanpa memerlukan bahan pembersih khusus. Anda cukup menggunakan spons dengan larutan air cuka. Namun, pembersihan awal menyisakan bercak residu pembersih kimia sebelumnya. Anda dapat menghilangkannya dengan cuka murni.

Ruangan bau seperti dapur, sisa asap rokok dan sisa aroma cat tembok dapat dinetralisir dengan cuka. Anda dapat meletakkan sepiring cuka di ruangan yang bau. Setelah 24 jam udara ruangan kembali segar.

Source: link