JAKARTA – Ada cara mudah menghindari serangan ransomware WannaCry yang mengkhawatirkan para pengguna internet di seluruh dunia.

Menurut situs Mashable, hal pertama adalah rutin melakukan update begitu sistem operasi memintanya. Saat ini diketahui WannaCry menyerang pengguna Windows lama yang kemudian akan menulari komputer lain di jaringan yang sama.

Sementara sistem operasi baru seperti Windows 8, 8.1 dan 10 sudah didesain lebih canggih sejak awal. Terutama Windows 10 yang memiliki ‘code integrity’ dan menolak software asing menjalankan kodenya, jika Anda tak sengaja mengunduh malware.

Sebenarnya aktivitas computing banyak terjadi di smartphone, yang notabene lebih aman ketimbang PC. Ini karena setiap aplikasi didesain untuk terisolasi antara satu dengan lainnya. Selain nirkabel, ponsel menerima update lebih rutin.

Perlu Anda pahami, setiap sistem operasi entah itu iOS, Android, macOS maupun Windows, semuanya tetap bisa diretas. Pengguna pun belum begitu memahami dan tetap saja membuka email atau pesan asing yang mencurigakan.

Banyak perusahaan dan lembaga pemerintahan menggunakan sistem operasi lama. Selain sudah terlanjur menggunakan program yang hanya bisa dijalankan di sistem operasi lama, umumnya mereka enggan migrasi karena menelan ongkos.

Tak ada salahnya mengeluarkan lebih banyak uang untuk bermigrasi ke sistem yang lebih aman. Apalagi pilihan lainnya adalah diserang peretas dan harus membayar tebusan yang nilainya berlipat ganda.

Mana yang Anda pilih?

Source: link