JAKARTA – Apapun tujuan Anda menggunakan user name itu, mulai media sosial hingga kepentingan bisnis, username atau nama pengguna akan memberi kesan penting pada pengguna lainnya.

Lalu bagaimana menciptakan username yang catchy tapi tetap keren dan bisa mewakili keberadaan Anda di dunia maya?

Pertimbangkan Audiens

Ketika memilih username, pertimbangan pertama adalah tujuan akun tersebut serta audiens yang ingin Anda cari. Situs profesional seperti LinkedIn mewajibkan Anda meletakkan nama asli, sementara media sosial mengizinkan anonimus.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, pilih username yang mewakili mereka. Ini agar pelanggan bisa dengan mudah menemukan Anda serta terus mengingatnya. Ingatlah bahwa apa yang Anda lakukan di online akan terhubung dengan username tersebut. Ciptakan profil terpisah untuk aktivitas online sehingga kehidupan pribadi dan profesional tak berkaitan.

Hal terpenting adalah gaya yang konsisten di media manapun perusahaan berada. Pastikan seluruh karyawan mengikutinya dan melakukan format yang sama. Dalam ruang lingkup profesional, sebaiknya memang menggunakan nama asli.

Keamanan dan Privasi

Ketika surfing di internet atau menggunakan media sosial, pilih nama sesuai hal yang Anda sukai atau hobi tanpa mengungkap informasi pribadi apapun. Anggota forum online biasanya menyukai nama (handle) yang lucu, catchy, dan memang tak mengungkapkan apapun yang pribadi.

Untuk situs yang tak memiliki tujuan bisnis atau personal, berhati-hatilah dengan apa yang Anda ungkapkan. Jangan pernah mencantumkan alamat, nomor telepon, atau apapun yang bisa digunakan untuk melacak lokasi dan membongkar identitas Anda. Jangan menggunakan tahun lahir pada username Anda.

Biasakan merahasiakan lokasi. Pilih username yang tak ada hubungannya dengan alamat email, kecuali Anda memang memilih demikian. Hati-hati dengan ancaman via email seperti hacking, phishing, dan pencurian identitas. Jangan gunakan nama profil sama di berbagai platform jika ingin tetap anonimus.

Memang, ada banyak orang online dan mungkin nama yang Anda suka sudah diambil. Misalnya ingin menggunakan nama ‘abracadabra’ tapi sudah terpakai pengguna lain. Biasanya, Anda cenderung atau disarankan menambahkan tahun lahir seperti ‘abracadabra1990’. Ini langkah yang berisiko dan sebaiknya dihindari.

Username Lucu dan Unik

Username tak harus selalu membuat orang tersenyum atau mengagumi Anda. Terpenting, username sebaiknya orisinil dan mudah diingat. Ini beberapa tips mudah jika Anda ingin mulai mencari username.

  • Judul film favorit atau bintang pemerannya: Jika Anda penggemar The Lord of the Rings, misalnya, bisa memilih username seperti ‘GrumpyGimly’ atau ‘SiTelingaLancip’.
  • Hobi atau hal yang menarik: Anda suka musik 1990-an, bisa menggunakan username seperti ‘AsliAnak90an’ atau ‘Soulfull’.
  • Kenangan klasik masa kecil: Pikirkan apa yang Anda sukai ketika kecil dan masih dikenang hingga saat ini. Apa mainan atau kartun favorit Anda? Bisa memilih username seperti ‘RangerKuningPakaiRok’ (Power Rangers) atau ‘KumisKucingBiru’ (Doraemon).
  • Kata atau frase dari bahasa lain: Gabungkan hobi Anda atau makanan kesukaan dengan istilah asing seperti ‘LemperOnigiri’ atau ‘Capoboss’.
  • Menggabungkan dua benda kesukaan: Username ini bakal unik karena Anda menggabungkan dua hal kesukaan. Misalnya suka gadget dan makanan Jepang, bisa memilih username ‘TechyMaki’. Suka fesyen. Bisa gunakan istilah-istilah seperti ‘TartanPolkaDots’.

Hal terpenting yang harus diingat adalah jangan membuat username yang tak senonoh, cari yang sependek mungkin, dan mudah diingat. Masih bingung? Coba Googling dengan keyword ‘username generator’ dan silakan gunakan salah satu situs tersebut untuk menciptakan username. Tak perlu buru-buru, karena username ini bakal sering Anda gunakan.

Source: link