JAKARTA – Keberadaan lensa pada kamera DSLR sama halnya dengan mata pada manusia. Agar senantiasa mampu menangkap objek dengan baik, diperlukan perawatan khusus untuk menjaga ‘mata’ kamera tersebut.

Berikut ini cara membersihkan kamera DSLR yang baik dan benar, menurut situs digitalcameraworld.

Bersihkan Lensa di Dalam Ruangan Bersih
Setelah memakai kamera DSLR, biasakan untuk membersihkan lensanya di dalam ruangan terang yang steril dan bersih dari debu atau polusi. Siapkan juga meja untuk meletakkan lensa sekaligus atribut untuk membersihkannya, seperti blower, lens pen, swab, lens tissue, sensor clean, cotton bud, dan cairan pembersih optik.

Lepas Filter Kamera Pada Lensa
Setelah persiapan utama terpenuhi, lepas lensa dari bodi kamera. Lakukan secara perlahan dan hati-hati. Jika sudah terlepas, lupa tutup kembali bodi kamera dan juga bagian belakang lensa agar tidak terkena kotoran.

Sementara jika lensa kamera DSLR kalian memiliki filter lens hood yang berfungsi untuk mengurangi efek sinar ultraviolet, bersihkan lens hoodnya terlebih dulu sebelum ke lensa. Seandainya sudah selesai, jangan lupa untuk memasangkannya kembali seperti sedia kala.

Gunakan Blower atau Lens Pen
Jangan sembarangan membersihkan lensa kamera. Karena sifatnya yang sensitif, lensa kamera harus diperlakukan dengan lembut, termasuk saat membersihkan debu atau kotoran yang menempel di kaca lensa kamera.

Ganlobers bisa melenyapkan debu dan kotoran tersebut dengan menggunakan blower khusus yang didesain untuk membersihkan kamera. Jika membeli blower dirasa terlalu mahal, kalian bisa menggantinya dengan kuas pembersih kamera (lens pen). Lakukan secara perlahan agar setiap sisi lensa terbebas dari debu.

Gunakan Kain Microfiber
Selepas tahap blowing, bersihkan kembali lensa kamera dengan kain microfiber. Perlu dicatat, dahulukan untuk mengelap bagian kaca terlebih dahulu, baru kemudian bodi lensanya. Satu hal lagi, tangan Ganlobers harus dalam keadaan bersih.

Gunakan Cairan Pembersih Lensa
Tips membersihkan lensa kamera DSLR diakhiri dengan pemberian cairan pembersih lensa. Caranya cukup mudah, Ganlobers tinggal meneteskannya pada kain microfiber dan kemudian mengelap kaca dan bodi lensa secara keseluruhan.

Source: link