JAKARTA – Tidakkah kalian tahu jika keyboard komputer atau laptop merupakan salah satu barang yang paling banyak berkuman? Sebuah penelitian di Inggris bahkan menemukan fakta bahwa keyboard lima kali lebih kotor daripada toilet.

Nah, agar keyboard laptop bebas dari kuman dan tidak menjadi sumber penyakit, sebaiknya rutinlah untuk membersihkannya. Membersihkan keyboard laptop tidak terlalu susah kok, berikut langkah-langkahnya.

Matikan power laptop
Sebelum mulai membersihkan laptop, pastikan dulu jika power laptop mati. Cabut charger dan kabel-kabel pada laptop.

Miringkan laptop
Miringkan laptop ke depan dan tiup keyboard perlahan agar debu atau remahan yang menempel pada bagian atas keyboard terbuang.

Bersihkan sela keyboard
Gunakan cotton bud atau ujung lap halus yang telah sedikit dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan sela-sela keyboard.

Kamu juga bisa menggunakan kompresor udara. Alat ini bisa dibeli di toko komputer. Semprotkan udara di sela-sela tombol untuk menggeluarkan debu-debu yang terjebak di bawah tombol.

Cek tombol satu persatu
Setelah selesai, lakukan pengecekan dengan menekan tombol satu persatu, apakah ada yang mengganjal atau tidak? Hal ini wajib dilakukan untuk mengetahui tiap tombol masih berfungsi baik atau sudah ada cacat.

Gunakan pelindung keyboard
Setelah keyboard bersih, untuk mengantisipasi masuknya kotoran baru ke dalam keyboard gunakan pelindung keyboard. Pelindung ini bermanfaat untuk melindungi keyboard dari debu yang masuk ke sela-sela tombol.

Source: link