JAKARTA – Telinga merupakan salah satu organ penting kita, karena itulah harus selalu dijaga kebersihannya. Membersihkan telinga sebenarnya tidaklah terlalu sulit, namun jika caranya salah justru akan berakibat fatal.

Berikut beberapa tips membersihkan telinga yang bisa kalian simak

Menggunakan minyak zaitun
Tuang sedikit minyak zaitun ke mangkuk, lalu celupkan kapas yang sudah dibentuk bulat ke dalam minyak tersebut. Tempelkan kapas itu di lubang telinga hingga 15 menit lalu keluarkan. Ulangi hingga kotoran pada telinga bersih.

Selain minyak zaitun, kalian juga bisa menggunakan baby oil. Caranya sama seperti di atas.

Menggunakan larutan garam
Larutkan garam pada air secukupnya, lalu teteskan larutan tersebut dengan menggunakan kapas ke telinga kamu, setelah itu miringkan kepala sampai larutan garam beserta kotorannya keluar.

Menggunakan minyak kelapa
Tuangkan minyak kelapa pada sendok dan hangatkan dengan menggunakan lilin. Celupkan kapas yang sudah dibentuk bulat ke dalam mnyak kelapa hangat tersebut, lalu peras agar minyak tidak berlebihan. Setelah itu pasang kapas di kedua lubang telinga kalian, diamkan beberapa menit lalu angkat.

Gunakan ear pick
Gunakan produk pembersih telinga, ear pick. Selain dapat membersihkan telinga dengan baik, alat ini juga aman. Ear pick bisa kalian dapatkan di toko obat atau apotik, harganya juga enggak terlalu mahal kok. Ingat, sebaiknya jangan membersihkan telinga dengan cotton bud, karena dapat membuat kotoran makin masuk atau terdorong ke dalam telinga.

Pergi ke dokter
Jika kalian malas atau takut berisiko, kalian bisa membersihkan telinga langsung ke dokter THT. Biarpun harus mengeluarkan biaya, namun kebersihan dan kesehatan telingan kamu pasti akan terjamin.

Source: link