JAKARTA – Dalam kamus orang Indonesia, terdapat istilah “Belum makan kalau belum makan nasi”. Padahal, terdapat jenis makanan lainnya yang juga mengandung karbohidrat, termasuk roti gandum.

Lantas, apakah nasi atau roti yang lebih mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh selama bulan Ramadan? Untuk menemukan jawabannya, kita komparasikan kandungan gizi kedua makanan pokok tersebut.

Nutrisi
Jika anda tengah menjalani diet, sangat dianjurkan untuk memilih roti gandum. Pasalnya, irisan roti gandum utuh memiliki 69 kalori, 3,6 gram protein, 0,9 gram lemak, dan 11,6 gram karbohidrat atau lebih rendah dari nasi yang mengandung mengandung 108 kalori, protein 2,5 gram, 0,8 gram lemak, dan 22,4 gram karbohidrat.

Serat
Untuk urusan serat, roti gandum menjadi pilihan terbaik. Healthy Eating melansir, Selasa (06/06/2017), sepotong roti gandum utuh mengandung 1,9 gram. Sedangkan nasi hanya membawa 1,8 gram. Untuk melancarkan pencernaan selama bulan puasa sekaligus menormalkan kadar gula dalam darah, sebaiknya konsumsi roti gandum.

Vitamin
Baik roti maupun nasi, keduanya membawa sejumlah vitamin. Namun untuk urusan vitamin, nasi lebih unggul karena membawa 77 mikrogram folat atau 19 persen kebutuhan vitamin harian tubuh. Sementara roti gandum hanya mengandung 43 mikrogram atau 11 persen.

Mineral
Beras yang merupakan bentuk mentah dari nasi membawa mineral lebih banyak ketimbang roti. Rinciannya, beras mengandung 42 miligram magnesium atau 11 persen dari daily value (nilai harian). Selain itu, beras juga mengandung mineral lainnya, seperti magnesium yang menguatkan sendi dan tulang.

Source: link