JAKARTA – Bila Anda mampu merencanakan pengaturan dana Lebaran, Tunjangan Hari Raya (THR) tidak habis begitu saja. Sisa dana tersebut bisa ditabung.

Konsultan Keuangan Farah Dini mengatakan, tidak semua kebutuhan dan keinginan saat Lebaran menggunakan THR. Diperlukan perencanaan tahunan dengan merinci sumber pemasukan dan pengeluaran tahunan.

“Alokasikan dana Ramadan dan Lebaran untuk tahun depan. Kalau rencana terlalu dekat, THR bakal terpakai,” ucapnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebaiknya Anda melakukan financial training. Langkah pertama yakni mengelola keuangan dengan profil risiko. Anda perlu mengetahui jumlah tanggungan. Misalnya orang menikah memiliki tanggungan anak dan yang belum menikah menanggung orangtua. Alokasikan dana tahunan untuk asuransi, tabungan maupun investasi sebagai bentuk pertanggungan.

Langkah kedua adalah mengetahui current financial statement. Menurut Farah, Anda perlu mengetahui jumlah aset dan pengeluaran tahunan. Aset Anda harus meningkat tiap tahun sehingga termotivasi untuk berubah.

Kemudian langkah terakhir yaitu menentukan tujuan yang dicapai atau set goals. Adanya target akan menuntun Anda melakukan persiapan seperti menabung. Sehingga pada akhirnya tidak bingung dan pusing.

Strategi ini dapat membantu mengelola THR maupun dana Anda tetap aman setelah Lebaran.

Source: link