JAKARTA – Kurang dari sebulan lagi, seluruh umat Islam di dunia akan menjalankan ibadah puasa. Agar kesehatan selama bulan puasa tetap terjaga, kalian juga perlu memperhatikan asupan makanan yang kalian konsumsi.

Menurut ahli gizi dan nutrisi Desy Nur Arista, sayur dan buah memiliki peranan penting untuk menjadga kondisi tubuh selama bulan puasa.

“Di bulan puasa, siklus makan kita sedikit bergeser. Akibatnya, pencernaan memerlukan waktu untuk beradaptasi selam bulan itu. Di sisi lain, sayur dan buah kaya akan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Nah, karena serat itulah buah dan sayur sangat baik dalam membantu sistem pencernaan untuk beradaptasi,” ujarnya dalam acara ‘Puasa Sehat 2017 bersama SaladStop!’ di kawasan Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (09/05/2017).

Lebih lanjut lagi, konsumsi buah dan sayuran selama Ramadhan juga akan berpengaruh pada organ tubuh lainnya, termasuk lambung. Yap, cara mengobati asam lambung bisa dengan mengonsumsi buah dan sayur.

“Buat penderita asam lambung, penelitian sampai saat ini belum ada yang mengatakan bahwa mereka dilarang mengonsumsi sayuran hijau saat puasa. Bahkan, puasa justru menstabilkan kadar asam dalam lambung secara alami,” lanjut Desy.

Meski begitu, Desy juga menggarisbawahi bahwa terdapat beberapa jenis sayuran yang memang tidak baik bagi para penderita asam lambung.

“Mereka juga aman mengonsumsi sayuran yang kaya protein. Tapi, jangan berlebihan mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung gas, seperti kol dan sawi hijau,” pungkasnya.

Source: link