JAKARTA – All New Scoopy resmi meluncur di Indonesia, Rabu (29/3). Sebelumnya, pada Selasa (28/3), skutik retro Honda itu juga meluncur di Bangkok International Motor Show, Thailand, dengan nama New Scoopy i.

Lantas apa saja perbedaannya, antara versi Thailand dan Indonesia?

Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, pada dasarnya tidak ada perbedaan signifikan antara vesi yang dijual di Indonesia dan Thailand. Paling hanya beberapa detail kecil.

Pertama ialah nama. Di Indonesia hanya menggunakan nama ‘Scoopy’ tanpa imbuhan ‘i’ seperti di Thailand. Perihal pemberian nama kata Inuma merupakan hak ‘prerogatif’ APM di negara masing-masing.

“Tentu mereka (Thailand) punya pertimbangan sendiri, kita juga. AHM menilai nama Scoopy sudah paling tepat. Kami memilih untuk meneruskan nama yang sudah meluncur pada 2010,” katanya.

Kedua yakni dudukan plat nomor. Dudukan pelat nomor di Thailand bentuknya cenderung bujur sangkar, sementara di Indonesia persegi panjang. “Dudukan ini disesuaikan dengan pemberian plat nomor di negara masing-masing,” katanya.

Produksi Terpisah
Meski sama, kata Inuma, Scoopy tidak akan berbagi produksi. Artinya Scoopy di Thailand bakal diproduksi di sana, dan di Indonesia oleh AHM. Sebab di Thailand, Scoopy merupakan volume maker layaknya BeAT di Indonesia.

“Untuk produksi, baik motor maupun suku cadang Scoopy di Thailand bakal dibuat sendiri oleh Honda di sana. Kita tidak saling berhubungan soal itu. Scoopy ialah model yang sangat diminati di sana,” katanya.

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com