KUTA – Melalui generasi terbaru, All-New Mazda CX-5 menyajikan berbagai peningkatan dan pembaruan, kecuali pada unit mesinnya. Ya, CX-5 terbaru yang akan diluncurkan di Indonesia masih menggunakan jenis mesin 2.5 liter yang sama seperti di generasi sebelumnya.

Mesin bensin empat silinder berkode PY-VPS dan berteknologi SKYACTIV-G tersebut menjadi bagian yang tidak berganti generasi dari CX-5 terbaru ini. Padahal peningkatan yang dialami oleh CX-5 terbilang signifikan untuk model saat ini.

Dijelaskan, Mazda memang lebih menekankan pengembangan All-New CX-5 pada bagian bodi dan interior, sehingga fokus utamanya adalah dalam mempercantik penampilannya.

“Pada saat ini Mazda konsentrasi lebih banyak di development dan refinement dari body dan interior, tentu saja pihak R&D tetap meriset untuk teknologi mesinnya yang lebih baik,” kata Bonar Pakpahan, Product Planning Expert PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), di hadapan para jurnalis, Selasa (11/7).

SKYACTIV-G 2.5 liter juga menjadi satu-satunya opsi mesin yang akan tersedia untuk CX-5 terbaru saat diluncurkan di Indonesia bulan depan. Sebelumnya Mazda menawarkan juga opsi mesin 2.0 liter.

Mesin yang telah dipakai oleh CX-5 sejak kehadiran perdananya pada tahun 2012 itu mendapat sentuhan dengan upgrade software terbaru, dengan hasil meningkatkan tenaga dari 138 hp ke 140 hp, lalu torsi dari 250 Nm ke 251 Nm.

“Mazda memang terpikir untuk melakukan suatu perubahan yang cukup signifikan dari mesin, tapi ternyata dengan revisi dari software control tadi yang dijelaskan itu sudah cukup bagus, jadi fokusnya lebih kepada body, interior, NVH (Noise, Vibration, Harshness) reduction,” lanjut Bonar.

Meski sudah dipakai test drive oleh para jurnalis, termasuk kami, EMI baru akan meluncurkan CX-5 saat GIIAS 2017, dengan menawarkan dua varian yakni Grand Touring (GT) dan Elite

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com