JAKRTA – Jam tangan menjadi salah satu atribut yang tidak lepas dari keseharian kita. Banyak sekali jenis dan brand jam tangan yang bisa kita pilih di pasaran. Namun semahal dan secanggih apapun jam tangan tetap saja akan rusak jika tidak dirawat.

Berikut lima tips mudah cara merawat jam tangan agar awet. Silahkan disimak!

Bersihkan kaca jam
Bersihkan kaca jam dengan menggunakan kain halus agar kaca pada jam tidak tergores. Walaupun beberapa jam dilapisi pelindung kaca, namun jika terus digosok menggunakan bahan yang kasar maka lapisan tersebut bisa menipis dan rusak.

Bersihkan tali jam
Ada beberapa jenis tali jam. Untuk tali jam dari stainless steel murni bersihkanlah dengan menggunakan alkohol, untuk tali jam dari kanvas sikatlah dengan tambahan sabun lalu keringkan dengan menggunakan kertas koran.

Untuk tali jam dari kulit bersihkan dengan menggunakan kain setengah basah lalu keringkan dengan menggunakan kain kering. Sedangkan untuk tali jam dari karet gunakan sabun kemudian sikat dengan menggunakan sikat kecil lalu keringkan.

Jauhkan dari medan magnet
Jauhkan jam tangan kamu dari alat eletronik yang mengandung medan magnet, seperti TV, pengeras suara atau kulkas karena akan mempengaruhi perputaran jam tangan kamu.

Segera ganti baterai
Jika baterai pada jam habis, segeralah ganti. Baterai yang sudah expired / kadaluarsa / mati / rusak , biasanya akan menimbulkan minyak yang bersifat korosif (merusak) mesin jam tangan. Untuk jam tangan otomatis, sebaiknya lakukan servis rutin maksimal setahun sekali.

Simpan jam tangan di tempat kering
Setelah memastikan jam tangan bebas dari keringat setelah dipakai simpanlah jam tangan di tempat yang kering dengan suhu normal. Sebaiknya simpan jam tangan di kotak khusus agar lebih aman dan terjaga.

Source: link