JAKARTA – Mata merupakan salah satu panca indra terpenting bagi manusia, karena itulah kesehatannya harus selalu dijaga agar terhindar dari berbagai gangguan mata, mulai dari gatal, bengkak hingga kebutaan.

Menjaga kesehatan mata sebenarnya tidaklah susah, simak caranya berikut ini.

Konsumsi sayur dan buahan
Konsumsilah sayur dan buahan secara rutin, terutama wortel.  Wortel mengandung banyak sekali beta karoten, yaitu antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula sehingga kesehatan mata akan selalu terjaga.

Lindungi mata dari sinar matahari
Saat berada di luar ruangan pada siang hari, lindungilah mata dari sinar matahari langsung dengan menggunakan kacamata hitam dilengkapi pelindung UV.

Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Istirahatkan mata
Usahakan mengistirahatkan mata, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer, laptop atau smartphone. Kompres mata dengan menggunakan mentimun dingin sebelum tidur.

Hindari rokok
Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak,  degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Merokok juga bisa menumbuhkan plak di aliran darah dan melemahkan arteri hingga menimbulkan risiko serangan jantung.

Source: link