JAKARTA – Menyantap sayuran ideal untuk memenuhi kebutuhan serat tetapi perut justru kembung. Anda perlu memilih jenis sayuran yang tepat.

Anda membutuhkan serat 25 gram per hari untuk kesehatan pencernaan. Namun sumber serat tidak bisa hanya mengandalkan sayuran saja. Anda akan membutuhkan lima cangkir brokoli untuk memenuhi serat harian. Dampaknya perut menjadi kembung. Terlebih lagi brokoli termasuk sayuran kelompok kubis (kol, kembang kol, kale) yang mengandung banyak serat yang sulit dicerna (rafinosa).

Untuk menyiasatinya Anda perlu mengombinasikan dengan makanan sumber serat lain seperti buah, biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran yang mudah dicerna.

1. Timun

Sayuran ini tergolong rendah serat sehingga mudah dicerna tubuh. Apalagi timun mengandung 95% air yang membantu meredakan perut kembung.

2. Zucchini

Bentuknya mirip timun Jepang tetapi berbeda. Zucchini tergolong kelompok sayuran labu. Banyak sayuran tergolong Fodmap atau sekelompok gula dan karbohidrat tertentu pemicu kembung pada orang dengan irritable bowel syndrome.

3. Tomat

Sayuran jenis buah ini kaya antioksidan dan fleksibel untuk disantap. Anda dapat mengonsumsi mentah maupun dimasak. Tomat juga tidak menyebabkan perut kembung.

4. Asparagus

Sayuran jenis batang berwarna hijau ini mengandung asam amino asparagin yang bersifat diuretik alami. Mengonsumsi asparagus dapat membantu mengeluarkan kelebihan cairan dalam sistem pencernaan. Sehingga membantu meredakan kembung. Tetapi menyantapnya terlalu banyak justru memicu kembung bagi sebagian orang.

Kendati sebagian sayuran memicu perut kembung bukan berarti anda harus menjauhinya. Anda tetap dapat mengonsumsi sayuran tersebut dalam jumlah sedikit dan memerlukan proses masak agar serat terurai serta mudah dicerna tubuh.

Source: link