JAKARTA – Musim hujan seperti saat ini bukan hanya merugikan masyarakat karena sering tejadinya bencana alam banjir. Tetapi industri otomotif juga bisa terkena dampaknya, khususnya konsumen motor bekas bisa saja dirugikan karena banjir. Kok bisa?

Kadang kita yang berniat membeli motor tidak terhindarkan dari kendaraan bekas yang sebenarnya rusak disana-sini karena terendam banjir. Namun para penjual motor bekas sengaja memolesnya, agar tetap terlihat cling. Padahal komponen di dalamnya rusak.

Untuk mencegah hal tersebut, akan lebih baik jika tanyakan langsung pada ahlinya atau bertanya langsung kepada penjualnya. Sayangnya, penjual akan menyembunyikan hal tersebut agar motor bekas banjir bisa cepat laku terjual.

Jangan khawatir! Tanpa harus bertanya kepada penjual, motor bekas banjir dapat dikenali oleh konsumen dengan mudah.

Motor bekas banjir, biasanya secara fisik juga akan memiliki banyak komponen berkarat. Ini adalah tanda bahwa sering terendam air. Jika bagian gardan dibuka,  biasanya pelumas di bagian ini juga sudah berubah warna, umumnya seperti warna kopi susu.

Selain secara tampilan fisik, motor bekas yang pernah terendam banjir bisa diidentifikasi melalui suara mesinnya. Saat dinyalakan, biasanya suara yang timbul cukup kasar. Ciri yang satu ini juga merupakan sedikit gambaran kalau motor yang bersangkutan perawatannya kurang. (Git)

Mau Kredit Motor Bekas? Klik LINK