JAKARTA – Banyak warga Tiongkok menanamkan investasinya pada properti di luar negeri. Negara mana yang jadi favorit?

Portal properti asal Tiongkok, Juwai.com, meneliti perilaku para investor asal Tiongkok. Berdasarkan data, diketahui bahwa ada beberapa negara favorit yang menjadi tujuan para investor properti.

Singapura menjadi pilihan utama, dengan nilai 9,4%. Banyak dari mereka yang menanamkan modal di Negara Singa ini didorong oleh fasilitas pendidikan yang menarik (66%).

Untuk tipe properti, investor asal Tiongkok ini diketahui menyukai tipe properti residensial (97%) daripada komersial (3%), dengan ukuran 2 kamar tidur (41%).

Setelah Singapura, di posisi kedua dan ketiga ada Amerika Serikat dan Hongkong, yang mencatat nilai 1,2%. Sedangkan Taiwan 1,1%.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia ternyata masuk dalam 10 besar negara tujuan investor properti asal Tiongkok, dengan angka 0,3%. Nilai ini sama dengan Australia, Kanada dan Jepang.

Wasudewan, Country Manager Rumah.com mengatakan, arus masuk investor properti asal Tiongkok ke banyak negara merupakan fenomena global. ”Dan hal ini juga harus diantisipasi oleh para pelaku industri properti di Indonesia, khususnya developer,”ujarnya.

Menurutnya, para investor properti dari berbagai negara akan terus membuka mata mereka terhadap berbagai perkembangan yang terjadi di Indonesia.  Ia pun menekankan kesiapan para developer di Indonesia menghadapi fenomena ini. ”Selain harus mudah ditemukan oleh para investor properti di seluruh dunia, termasuk Indonesia,” pungkasnya

Berikut 10 negara tujuan investasi properti Tiongkok

  1. Singapura (9,4%)
  2. Amerika Serikat (1,2%)
  3. Hongkong (1,2%)
  4. Taiwan (1,1%)
  5. Filipina (0,9 %)
  6. Malaysia (0,4%)
  7. Australia (0,3%)
  8. Indonesia (0,3%)
  9. Kanada (0,3%)
  10. Jepang (0,3%)

Source: link