JAKARTA – Bangun pagi memang kadang menjadi sebuah kebiasaan yang sangat sulit kita ‘terapkan’, padahal bangun di pagi hari memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut lima manfaat bangun pagi.

Mendapatkan udara segar
Pagi hari memiliki kualitas udara yang baik, karena masih minimnya tingkat polusi. Oksigen segar yang beredar ke seluruh tubuh dapat meningkatkan kerja otak dan memperlancar peredaran darah, sehingga membuat tubuh lebih segar.

Meningkatkan daya ingat
Jika otak berfungsi maksimal maka otomatis daya ingat seseorang pun bisa meningkat. Orang tua yang sering bangun pagi dan menghirup udara di pagi hari tidak akan mudah lupa atau pikun dibandingkan dengan orang yang tidak pernah bangun pagi dan menghirup udara pagi.

Menjaga tulang sehat
Kandungan kalium dalam sinar matahari terutama saat pagi hari sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tulang. Berjalanlah pagi sambil berjemur di sinar matahari, maka kesehatan tulang kalian akan terjaga dan tidak cepat keropos.

Lebih produktif
Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif. Dengan bangun lebih pagi, maka seseorang memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan, memiliki waktu yang baik untuk berkonsentrasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.

Membuat bahagia
Hasil penelitian dari Roehampton University di Inggris yang mengungkapkan bahwa bangun pagi membuat tubuh menjadi lebih sehat, mood yang lebih baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia” ungkap peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui Medicmagic.

Source: link