Konsep Sepeda Listrik ala Ford

Gelaran Frankfurt Motor Show 2011 ternyata tak hanya menampilkan konsep-konsep mobil baru dari berbagai produsen mobil di seluruh dunia, tapi juga menawarkan berbagai ide brilian seputar alat transportasi dengan roda. Ford yang dikenal sebagai salah satu perusahaan manufaktur mobil ternama di dunia, memanfaatkan gelaran ini untuk memperkenalkan konsep sepeda listrik dengan desain yang futuristik.

Setelah BMW memperkenal sepeda dengan jenis yang sama, kini Ford tampaknya segera masuk pasar dengan konsep E-Bike-nya. Ford E-Bike akan didesain menggunakan aluminium dan rangka karbon yang beratnya sangat ringan yakni 2,5 kg. Batang sepeda ini menggunakan SLR Carbon 110 mm dan Selle Italia SLR XC sebagai sadelnya.

Sepeda bertenaga listrik ini juga memiliki Shimano Alfine 11-speed internal gear yang akan memberikan tenaga hingga 25 km/jam. Sementara itu, pusat tenaga dari sepeda listrik keluaran Ford ini berasal dari roda dengan yang mampu memproduksi tenaga listrik hingga 350 W. Sepeda ini juga dilengkapi oleh daya 36 V, 93 Ah Baterai Lithium-ion yang mampu menempuh jarak hingga 85 km. Lebih hebatnya lagi, sepeda ini hanya memerlukan waktu 3-4 jam untuk pengisian ulang secara full 100%.

Tapi, hingga kini Ford belum memberikan indikasi waktu produksi E-Bike tersebut. Namun, menurut sumber yang dikutip dari laman topspeed.com, meyakini dalam waktu dekat Ford akan mulai memproduksi sepeda masa depan ini.

 

Artikel terkait