JAKARTA – Color Binoculars memberikan kesempatan pada penderita buta warna untuk ‘melihat’ keindahan dunia yang sebenarnya.

Meluncur dalam platform iOS, Color Binoculars dibuat oleh 2 teknisi software Microsoft, yang salah satunya buta warna. Menurut laporan Engadget, Selasa (15/11), aplikasi iOS terbaru ini dijalankan dengan menggunakan kamera iPhone.

Nantinya, gambar yang sudah tertangkap akan diolah agar para penyandang buta warna dapat membedakan warna dengan lebih mudah.

Lewat aplikasi ini, Tom Overton dan Tingting Zhu selaku penemu Color Binoculars berharap agar kedepannya, orang-orang dengan buta warna memilih pakaian dengan warna yang sesuai atau untuk sekedar menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Eksperimen keduanya bermula di acara Hackathon yang diadakan oleh Microsoft pada tahun 2015 dan dilandasi oleh kondisi Overton yang menderita buta warna. Oleh karena itu, selain sebagai developer, ia juga menjadi penguji utama dari aplikasi ini.

“Ini adalah aplikasi yang membantu penderita buta warna untuk menentukan kombinasi warna, masalah yang biasa mereka hadapi,” papar Overton.

“Misalnya, saya kesulitan untuk membedakan warna hijau dan merah, karena itu, aplikasi kami akan membuat warna merah menjadi lebih terang dan hijau lebih gelap sehingga perbedaannya di antara keduanya menjadi lebih jelas,” sambungnya.

“Aplikasi ini akan mengganti kombinasi warna yang sulit untuk dibedakan, seperti merah dan hijau, dengan kombinasi lain yang lebih mudah dibedakan, seperti pink dan hijau,” tandas Overton.

 

Source: link